Jumat, 19 April 2013

Interaksi Antara Teknologi dan Manusia


Manusia sebagai Pengguna Teknologi

PENDAHULUAN

Teknologi Bagi Manusia tidak asing lagi karena kebutuhan akan informasi dari suatu teknologi itu membuat manusia tidak bisa lepas dari teknologi, seperti tekhhnologi computer yang keterhubung kesebuah jaringan yang membuat kita dapat menemukan suatu informasi yang kita inginkan. Tetapi setiap semakin terus berkembang dan terus maju suatu teknologi , maka  semakin banyak pula sisi negative yang muncul dari perkembangan teknologi tersebut.
Namun, Untuk mengatasi sisi negative tersebut haruslah ada sebuah pelindung, seperti pemahaman tentang agama, social, dan budaya. Mungkin dengan pemahaman itu kita bisa mencegah terjadinya sisi negative dari perkembangan terknologi tersebut.
Sejalan dengan perkembangan teknologi, manusia akan terus berfikir bagaimana cara memperbaharui teknologi yang lama dan bahkan akan berfikir  untuk membuat suatu teknologi yang baru.  Dengan sisi negative yang juga begitu besar.

PEMBAHASAN

1.      Perkembangan Teknologi Bagi Manusia


Mungkin anda pernah berpikir, bagaimana teknologi pada masa depan. sedangkan makin hari teknologi nya makin berkembang, dari telepon ke Handphone ke Handphone layar sentuh dan handphone dalam bentuk jam.. Televisi juga, dari televisi ke LCD ke Televisi layar sentuh.. dari komputer > laptop > Ipad > laptop yang bisa jadi IPAD.

Seiring dengan perkembangan zaman, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, bukanlah hal yang mustahil bagi manusia untuk menikmati berbagai layanan yang semakin canggih dan cepat begitu juga dengan komputer.

komputer adalah sebuah perangkat yang sangat kuat dan sangat berguna bagi kehidupan manusia. Apapun yang ada inginkan, komputer bisa memberikannya untuk anda. Berbagai macam informasi, hiburan, dan lain sebagainya dapat anda nikmati dengan leluasa. Memang, teknologi komputer saat ini sangat berkembang pesat. Untuk itu, anda pun harus tahu apa teknologi komputer untuk masa depan.

Semakin hari semakin banyak perkembangan yang terjadi untuk menyempurnakan dari setiap teknologi yang ada sekarang ini.Bahkan setiap ditemukan sebuah penemuan baru maka akan selalu ada celah untuk melengkapi atau menutupi kekurangan dari sisi yang terlihat dari teknologi tersebut.Selalu saja ada penemuan baru yang lebih mendekati sempurna atau lebih kepada kemudahan untuk menggunakannya.Tentunya ini menjadi suatu pembaharuan yang banyak ditunggu dan ingin digunakan oleh semua orang yang telah melihat dan menyaksikan kehebatan teknologi baru tersebut.

Tanpa disadari kita sendiri tentu sudah menikmati beragam macam teknologi baru yang saat ini banyak keluar atau banyak dipasarkan kepada kita sebagai pengguna setianya Contohnya adalah yang baru kita saksikan adalah sistem Operasi Windows 8 terbaru, yang banyak ditunggu dan ingin dicicipi banyak orang karena fitur dan kecanggihan yang ditawarkannya kepada kita sebagai pengguna tentunya.

Namun inilah namanya teknologi selalu saja ada rancangan khusus untuk menyaingi serta memantapkan teknologi dan fiturnya agar menjadi nomor satu disegalanya serta menjadi teknologi yang mengalahkan fitur kecanggihan dari para pesaingnya dan membuat generasi baru.

2.      Permulaan Teknologi Informasi


Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data, membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi. Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu : 1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembangan teknologi informasi 2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaran informasi. 3. Muatan informasi atau content informasi, yang menjadi faktor pendorong utama implementasi teknologi informasi. Kenyataan sejarah dunia mencatat masing – masing dari ketiga matra penyusun teknologi informasi di atas, pada awalnya berkembang saling terpisah. Teknologi komputer berkembang dalam lingkup matematika dan cenderung lebih teoritis. Teknologi telekomunikasi berkembang luas dalam dunia bisnis dan ekonomi menjadi pilar pendukung teknologi transportasi dalam revolusi industri. Sedangkan ilmu informasi muncul pada awal perang dunia II. Kemenangan dan kekalahan sebuah pasukan di medan perang dunia II ditentukan oleh akurasi informasi. Setelah itu, konsep ilmu informasi berkembang pesat. Sehingga 3 (tiga) matra penyusun teknologi informasi tersebut mulai berkembang secara konvergen mengikuti konsep ilmu informasi yang semakin matang.

Setelah itu muncul lah teknologi internet yang awal mulanya dimulai pada tahun 1969, saat Departemen Pertahanan (DOD) Amerika Serikat mendanai sebuah proyek penelitian jaringan komputer yang dilakukan oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA). Penelitian ini bertujuan untuk membangun jaringan komputer berskala nasional(Amerika) yang memungkinkan agen-agen pemerintah dan militer saling berkomunikasi dan berbagi informasi walaupun masing-masing agen menggunakan tipe jaringan yang berbeda.

Selama tahun 1960-an dan 1970-an, teknologi jaringan komputer semakin berkembang pesat dan maju. Hal ini ditandai dengan adanya LAN (Local Area Network) yaitu jaringan komputer pada area lokal serta jaringan komputer yang lebih besar disebut WAN (Wide Area Network).
LAN dan WAN mampu mempermudah pertukaran informasi antar komputer, akan tetapi informasi tersebut hanya berhenti pada batas-batas jaringan tersebut.

Setiap jaringan memiliki teknologi yang berbeda untuk melakukan transfer data, sehingga hanya bisa bekerja pada komputer dengan spesifikasi tertentu saja. Akibatnya, sebagian besar teknologi LAN dan WAN tidak kompatibel antara yang satu dengan yang lain.


Internet dirancang untuk menghubungkan antar jaringan-jaringan yang berbeda tersebut dan memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antar pengguna secara bebas. Hal ini dapat terjadi dengan penambahan satu komputer router yang bertugas menghubungkan antar jaringan yang berbeda. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, diperlukan sebuah protokol yang mengatur bagaimana proses petukaran data berlangsung. Protokol jaringan terbaru yang digunakan di internet adalah TCP/IP.

3.       Dampak Negative Teknologi Dimasa Depan


Teknologi memang sudah sangat dekat dengan kehidupan manusia, bahkan untuk sebagai sebagian orang teknologi merupakan kebutuhan primer. Banyak orang yang memilih untuk tidak makan dibanding harus meninggalkan dunia internet.  Memang teknologi sudah sangat murah sekarang ini. Mungkin di masa yang akan datang gadget – gadget seperti tablet, pad, bukanlah sesuatu hal yang luar biasa. Jangankan di masa depan, sekarang saja gadget – gadget seperti itu sudah mulai pasaran.

Semua hal yang ada di dunia ini mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif. Para pakar teknologi telah berjuang keras untuk menciptakan hal – hal baru yang dapat menunjang kebutuhan hidup manusia sehingga kita dapat merasakan semua kemudahan yang ada sekarang ini. Bukan salah teknologi jika ia menghasilkan hal – hal yang tidak diinginkan seperti pornografi, pembunuhan, pencurian, dll. Tetapi itu adalah akibat orang – orang yang tidak menghargai teknologi. Kita telah melihat bahwa teknologi telah berkembang pesat dan akan terus berkembang lebih cepat lagi. Sekarang tinggal bagaimana kita mau memperlakukan teknologi tersebut. Mau kita buat menjadi alat yang merusak atau justru menjadi alat yang membawa berkat bagi orang lain maupun kita sendiri. Semua itu adalah pilihan anda dan saya.

Dibawah ini adalah Dampak negative Teknologi dari berbagai segi

    * Bidang Informasi dan komunikasi

       
       - Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris
       - Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di    internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.

    * Bidang Sosial Dan Budaya
     
     - Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di \kalangan remaja dan pelajar. 

     - Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong.

     - Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar.

    * Bidang Pendidikan

     - Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.

     - Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak criminal.

PENUTUP

Sebagai Manusia hendaklah pandai-pandai dalam menghadapi perkembangan teknolgi ini, sebab jika kita tidak bisa menghdapinya dengan baik maka kita dalam kehidupan ini akan mengalami kesulitan.


Selasa, 02 April 2013

Survey : Game di Masa Depan



Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.



Kata "video" pada "permainan video" pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah "video game", kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah komputer pribadi dan konsol permainan.










Dibawah ini adalah hasil dari survey mengenai Game

Total responden dari survey ini : 15 orang

Pertanyaann Dan Analistic Tanggapan :







Hasil Analisis :
Dari 15 responden, 13 orang menyatakan tidak setuju bahwa game ditiadakan , berarti game tidak akan hilang dari dunia computer dan akan terus ada hingga jaman terus berubah. Dan kebanyakan dari responden menyatakan kesukaannya bermain game di rumah, dan waktu yang paling dominan suatu game dimainkan antara 5-6 jam. Terakhir sebagian dari responden ada yang tidak menyukai jika dia melihat sesorang menyukai/mencintai  game.

Selasa, 26 Maret 2013

Teory Belajar Kognitif

Tokoh Teori Belajar Kognitif

Jean Piaget
Jean Piaget (lahir di Neuchâte, Swiss, 9 Agustus 1896 – meninggal 16 September 1980 pada umur 84 tahun) adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan psikolog perkembangan Swiss, yang terkenal karena hasil penelitiannya tentang anak-anak dan teori perkembangan kognitifnya. Karya Piaget pun banyak dikutip dalam pembahasan mengenai psikologi kognitif.

Menurut Jean Piaget, bawa proses belajar sebenarnnya terdiri dari 3 tahapan, yaitu :
  • Asimilasi, yaitu proses penyatuan (pengintegrasian) informasi baru ke struktur kognitif, yang sudah ada dalam benak siswa. Contoh: bagi siswa yang sudah mengetahui prinsip penjumlahan, jika gurunya memperkenalkan prinsip perkalian, maka proses pengintegrasian antara prinsip penjumlahan (yang sudah ada dalam benak siswa), dengan prinsip perkalian (sebagai informasi baru) itu yang disebut asimilasi. 
 
  • Akomodasi yaitu penyesuaian struktur kognitif dalam situasi yang baru. Contoh, jika siswa diberi soal perkalian, maka berarti pemakaian (aplikasi) prinsip perkalian tersebut dalam situasi yang baru dan spesifik itu yang disebut akomodasi.
 
  • Equilibrasi (penyeimbangan) yaitu penyesuaian berkesinambungan antara asimilasi dan akomodasi. Contoh, agar siswa tersebut dapat terus berkembangan dan menambah ilmunya, maka yang bersangkutan menjaga stabilitas mental dalam dirinya yang memerlukan proses penyeimbangan antara "dunia dalam" dan "dunia luar"

Teori Belajar Koginitif
Teori belajar kognitif lebih memetingkan proses belajar daripada hasil belajarnya. Yang berbeda dari teori belajar kognitif ini adalah bahwa belajar tidak sekedar melibatkan hubungan antara stimulus dan respon.
Teori belajar kognitif menjelaskan bagaimana seseorang mencapai pemahaman atas dirinya dan lingkungannya lalu menafsirkan bahwa diri dan lingkungan psikologisnya merupakan faktor-faktor yang saling tergantung satu dan lainnya. Teori ini dikembangkan berdasarkan tujuan yang melatar belakangi prilaku, cita-cita, cara-cara seseorang dan bagaimana seseorang memahami diri dan lingkungannya dalam usaha untuk mencapai tujuan orang tersebut. Setiap pengertian yang diperoleh berdasarkan pengertian yang diperoleh dari memahami diri sendiri dan lingkungannya yang disebut insight.
Kelebihan teori Kognitif adalah sebagai berikut:
  • Mampu meningkatkan kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah dan mencari solusinya.
  • Teori belajar kognitif juga dapat menambah motivasi seseorang dalam proses belajar.
Kekurangan teori kognitif adalah sebagai berikut :
  • Untuk teori belajar kognitif ini keberhasilan sebuah pembelajaran tidak dapat diukur hanya dengan 1 orang saja. Kemampuan manusia di dunia ini berbeda-beda. Jika kita menekankan pada keaktifan mahasiswa atau siswa, tidak dapat dipungkiri ada saja siswa yang tidak aktif dalam menanggapi suatu pelajaran, otomatis pembelajaran ini tidak akan berhasil secara menyeluruh. Seorang dosen juga dituntut untuk mengikuti keaktifan siswa, konsekuensinya adala dosen harus rajin mempelajari hal-hal baru.
  • Konsekuensinya terhadap lingkungan adalah fasilitas-fasilitas dalam lingkungan juga harus mendukung, agar siswa semakin yakin dengan apa yang telah mereka pelajari. Karena fasilitas yang memadai juga sangat mendukung proses belajar yang baik.

Contoh Penerapan Teori Belajar Kognitif di Bidang IT :

Ketika seorang mahasiswa harus membuat suatu tugas besar yang seharusnya selesai 3 minggu lagi, tiba-tiba seorang dosen meminta tugas diselesaikan dalam 2 minggu padahal materi yang diberikan belum sampai pada tugas yang sempurna sehingga seorang mahasiswa tersebut dengan giat terus mencari materi yang tidak sempat dibahas untuk dibahas dan dipelajari. Tujuan dari dosen tersebut sebenarnya untuk mengetahui apakah seorang mahasiswa TI itu bisa belajar tanpa ada bimbingan. Sehingga sampailah pada saat persentasi tugas, disini akan dilihat apakah materi terakhir itu yang belum disampaikan bisa dipelajari dan dipahami oleh mahasiswa tersebut.


Sumber Referensi :

Selasa, 19 Maret 2013

Sensasi dan Persepsi

sensasi dan persepsi memusatkan pada sistem fisik dan proses-proses fisiologis yang memungkinkan kita berhubungan dengan dunia. namun, saya belum membahasnya secara mendalam karena kita akan membahas mengenai  Sensasi dan persepsi pada artikel kali ini.



 Sensasi dan Persepsi
Sensasi (sensation) adalah proses menerima energi rangsangan dari lingkungan luar. Rangsangan terdiri atas energi fisik seperti cahaya, suara, dan panas. Rangsangan dideteksi oleh sel reseptor khusu pada organ indra seperti mata, telinga, kulit, hidung, dan lidah. ketika sel-sel reseptor mencatat adanya rangsangan, energi tersebut dikonversi menjadi impuls kimia listrik. Proses energi fisik menjadi energi kimia listrik disebut Transduksi (transduction).  ketika rangsangan ini sampai ke otak, informasi bergerak ke bagian yang berhubungan pada korteks serebrum.

Menurut Benyamin B. Wolman (1973, dalam Rakmat, 1994) menyebut sensasi sebagai ”pengalaman elementer yang segera, yang tidak memerlukan penguraian verbal, simbolis, atau konseptual, dan terutama sekali berhubungan dengan kegiatan alat indra”.

Macam-macam sensasi
 
1. Sensasi Penglihatan

Alat penginderaannya yaitu mata, dengan melalui penglihatan individu bisa melihat keindahan atau kejelekan di lingkungannya, serta mata adalah salah satu instrumen manusia untuk menerima informasi pada tahap awal dan mata adalah jendela yang menghubungkan manusia dengan dunia. Misalnya, melihat seseorang yang cantik atau ganteng, melihat rambu-rambu lalu lintas dan sebagainya.

2. Sensasi Pendengaran

Sensasi auditori didapatkan dari indera pendengaran yaitu telinga. Pendengaran adalah kemampuan untuk mengenali suara pada manusia dan binatang bertulang belakang, hal ini dilakukan terutama oleh sistem pendengaran yang terdiri dari telinga, syaraf-syaraf, dan otak. Melalui indera pendengaran ini kita bisa membedakan suara-suara yang keras, lemah dan lembut dari suatu dialog percakapan, atau mendengarkan nada-nada musik yang indah. Indra yang digunakan untuk mendengarkan adalah telinga yang akan terstimulasi oleh adanya gelombang suara.

Ada tiga bagian utama dari telinga manusia, yaitu bagian telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Telinga luar berfungsi sebagai pengumpul suara yang kemudian di salurkan ke telingat tengah melalui lubang auditori. Di telinga tengah ini terdapat gendang telinga yang fungsinya untuk mengubah suara menjadi getaran yang kemudian disalurkan oleh tulang martil,landasan dan sanggurdi ke telinga bagian dalam. Telinga dalam terdiri dari koklea, saluran separuh bulat dan saraf auditori yaitu saraf pendengaran yang menghantarkan getaran atau pesan pendengaran dari koklea ke otak untuk ditafsirkan. Di otak pula, terdapat pusat pendengaran yang akan memproses getaran-getaran yang sampai dan getaran ini akan ditafsirkan sebagai pendengaran. Disebabkan hal inilah, kita dapat menikmati sensasi pendengaran. 
Contohnya yaitu mendengarkan berita tentang peperangangan ataupun perdamaian, mendengarkan musik pada saat sedang bosan, mendengarkan suara-suara seperti ambulance dan sebagainya.

3. Sensasi Perabaan
 

Alat penginderaannya yaitu kulit, dengan alat perabaan inilah kita bisa merasakan permukaan benda yang halus atau yang kasar, basah mauun kering. Dengan perabaan ini pula kita dapat merasakan rasa sakit apabila tersentuh benda tajam atau kasar. Contoh dari perabaan ini yaitu lembutnya pada saat menyentuh selimut dan kasarnya pada saat berjalan di bebatuan dan sebagainya.

4. Sensasi Pengecapan
 

Alat penginderaannya yaitu lidah, Lidah merupakan bagian tubuh penting untuk indra pengecap yang terdapat kemoreseptor (bagian yang berfungsi untuk menangkap rangsangan kimia yang larut pada air) untuk merasakan respon rasa asin, asam, pahit dan rasa manis. Tiap rasa pada zat yang masuk ke dalam rongga mulut akan direspon oleh lidah di tempat yang berbeda-beda. Letaknya yaitu pada :
 

1. Rasa Asin = Lidah Bagian Depan
2. Rasa Manis = Lidah Bagian Tepi
3. Rasa Asam = Lidah Bagian Samping
4. Rasa Pahit = Lidah Bagian Belakang
 

Contohnya yaitu kita dapat merasakan enaknya masakan ibu kita, pahitnya buah pare/kopi, manisnya gula, asamnya cuka, asinnya garam. Dan apabila itu semua dapat kita rasakan maka kita akan bisa membedakan mana makanan yang tidak enak dan makanan yang enak.

5. Sensasi Penciuman
 

Alat penginderaannya yaitu hidung, dengan alat penciuman itu kita dapat membedakan mana yang wangi dan mana yang bau. Misalnya ketika seseorang memakai parfum akan tercium wanginya, tapi ketika mobil sampah lewat maka akan tercium/menyengatnya bau yang tidak sedap seperti bau busuk.


Syarat-syarat Sensasi
a. Adanya objek yang di amati atau kekuatan stimulus

objek menimbulkan stimulus yang mengenai indera (reseptor) sehingga terjadi sensasi. Untuk bisa diterima oleh indera diperlukan kekuatan stimulus yang disebut sebagai ambang mutlak (absolute threshold).


b. Kepastian alat indera (reseptor) yang cukup baik serta syaraf (sensoris) yang baik
sebagai penerus kepada pusat otak (kesadaran) untuk menghasilkan respon.


c. Pengalaman dan lingkungan budaya
 

pengalaman dan budaya mempengaruhi kapasitas alat indera yang mempengaruhi
sensasi.

Otak memberikan makna terhadap sensasi melalui persepsi. lalu apa yang dimaksud dengan Persepsi?.



Definisi Persepsi
 
Banyak ahli yang mencoba membuat definisi dari ‘persepsi’. Beberapa di antaranya adalah:
 
"Persepsi merupakan proses yang terjadi di dalam diri individu yang dimulai dengan diterimanya rangsang, sampai rangsang itu disadari dan dimengerti oleh individu sehingga individu dapat mengenali dirinya sendiri dan keadaan di sekitarnya" (Bimo Walgito). 
"Persepsi merupakan proses pengorganisasian dan penginterpretasian terhadap stimulus oleh organisme atau individu sehingga didapat sesuatu yang berarti dan merupakan aktivitas yang terintegrasi dalam diri individu" (Davidoff).
 
"Persepsi ialah interpretasi tentang apa yang diinderakan atau dirasakan individu (Bower).
Persepsi merupakan suatu proses pengenalan maupun proses pemberian arti terhadap lingkungan oleh individu" (Gibson).
 
"Persepsi juga mencakup konteks kehidupan sosial, sehingga dikenallah persepsi sosial. Persepsi social merupakan suatu proses yang terjadi dalam diri seseorang yang bertujuan untuk mengetahui, menginterpretasi, dan mengevaluasi orang lain yang dipersepsi, baik mengenai sifatnya, kualitasnya, ataupun keadaan lain yang ada dalam diri orang yang dipersepsi sehingga terbentuk gambaran mengenai orang lain sebagai objek persepsi tersebut" (Lindzey & Aronson).  
Jadi Persepsi adalah proses mengatur dan mengartikan informasi sensoris untuk memberikan makna. yang biasa kita sebut dengan 'pemikiran seseorang'. kita hanya melihat apa yang kita fokuskan dan apa yang ada disekitarnya kita tidak melihat. sel reseptor di telinga bergetar dengan cara tertentu, tetapi sel-sel ini tidak mendengar sebuah "simfoni". semoga bisa dipahami ya teman-teman, maklum kita sama-sama belajar.



 
Contoh Dari Persepsi dan Sensasi

Pada saat saya sedang mendengarkan lagu, panca indra yang menangkap lagu itu adalah telinga kemudian dirangsang oleh otak sehingga terjadi suatu sensasi yaitu badan saya bergerak mengikuti alunan lagu itu, jika hentakan lagunya cepat maka tubuhn saya akan ikut bergerak cepat atau sebaliknya.
Pada saat mendengarkan lagu tersebut saya juga mencermati bait demi bait lagu tersebut, sehingga timbul sebuah Persepsi saya mengenai lagu tersebut. Misalnya sebuah persepsinya seperti ini "Lagunya sangat sedih, mungkin lagu ini dia ciptakan berdasarkan pengalaman pribadi pencipta lagu" atau juga "Mungkin pencipta lagu ini suka dengan kata cinta, karena kata-kata dalam lagu tersebut banyak menggunakan kata cinta.

Mungkin demikian penjelasan dari saya tentang Pemahaman Sensasi dan Persepsi. jangan menyerah untuk mempelajari sesuatu hal yang anda yakin itu akan merubah hidup anda -- Salam Pintar Psikologi.




sumber : http://pintarpsikologi.blogspot.com/2012/10/sensasi-dan-persepsi.html

http://khildaamaliyah.wordpress.com/2011/05/21/makalah-sensasi-psikologi/

Sabtu, 23 Februari 2013

Sel Amat Datang

Salam kenal buat Anda yang baru pertama sekali mengunjungi blog ini. Mudah-mudahan untuk kedepannya isi dari postingan saya baik sebagian maupun keseluruhan dapat membuat Anda senang.

Dalam Blog ini saya akan menyajikan hal-hal mengenai music seperti :
  •  Chord Gitar Dan Bass
  • Mp3 Player
  • Video Player
  • Belajar Gitar
  • DLL.
oh ya, saya lupa memperkenalkan diri saya, berikut biodata saya  :

Nama Lengkap   : M Abdi Wahyuda Lubis
Tanggal Lahir     : Medan, 20 Januari 1993
Hobi                        :Gangguin Anak orang
Cita - cita              : Gak Jelas

Sebagai penutup dari salam pertemuan kita, saya mengucapkan terima kasih kepada anda yang telah meluangkan waktunya untuk melihat dan membaca blog saya.